Thursday, October 10, 2013

Analisa Psikotes di Internet

i.         Pendahuluan
Tekhnologi pada zaman sekarang ini sudah semakin canggih. Apalagi tekhnologi pada zaman sekarang yang telah berkembang sangat pesat. Penggunaan internet zaman sekarang lebih banyak dibandingkan zaman dahlu. Manusia bisa dengan mudah mendapatkan segala  informasi melalui internet. Internet tidak hanya berfungsi untuk mendapatkan informasi saja, melainkan bisa menambah pengetahuan dan kemampuan, psikotes contohnya. Melalui psikotes online, seseorang bisa mengetahui apa itu psikotes, apa fungsi dari psikotes serta bagaimana isi dan cara pengerjaan psikotes itu. Sehingga ketika seseorang ingin melakukan psikotes secara langsung, ia sudah mendapat gambaran bagaimana ia akan mengerjakan psikotes yang sesungguhnya karena sebelumnya seseorang itu telah mencari segala informasi tentang psikotes di internet.

ii.             Teori
Psikotes adalah tes yang dilakukan untuk mengukur aspek individu secara psikis. Tes ini berbentuk tertulis, visual, dan verbal untuk mengukur fungsi kognitif dan emosional. Tes dapat diaplikasikan kepada anak-anak maupun dewasa. Psikotes tidak hanya berfungsi untuk mengukur IQ saja, tetapi bisa untuk mengetahui kepribadian seseorang. Aplikasi psikotes dapat dilakukan untuk melakukan rekrutmen dalam perusahaan, mengetahui minat dan bakat anak / siswa, tujuan klinis, perkembangan anak. Disini saya akan menjelaskan tentang beberapa jenis psikotes yang saya ketahui :
1.    Tes IQ. Tes ini melibatkan kemampuan verbal dan non verbal. Angka dan bahasa merupakan bagian dari tes ini. Biasanya contoh soal-soal ini dapat mudah didapatkan di toko buku.







2.     Tes Kepribadian. Dalam tes ini, akan diberikan pertanyaan bagaimana mnenghadapai konflik, bagaimana bekerja sama , bagaimana solusi ketika menghadapi berbagai dilema. Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat diteliti tentang seberapa jauh kemampuan seseorang dalam bekerja tim, apakah ia seseorang yang “hangat” atau tidak.



Gambar 2. Contoh tes kepribadian di internet beserta hasil dari tes kepribadian online. [http://www.yaminsetiawan.com/cgi-bin/tes05.pl]

3.    Tes Kemampuan. Dalam tes ini, seseorang akan diuji kemampuannya dalam menyelesaikan tugas dibawah tekanan yang tinggi. Apakah ia sanggup atau tidak. Biasanya tes kemampuan ini mengkondisikan seseorang dalam suasana penuh tekanan tetapi harus menyelesaikan soal dengan cepat. Bisa bentuknya angka atau permainana kata-kata. Bisa pula berupa grafik dan bentuk-bentuk tiga dimensi.
4.    Tes Kreatifitas. Tes ini biasanya meminta seseorang untuk menulis atau menggambar sesuatu. Pada salah satu tes seseorang diminta melanjutkan gambar dari enam kotak yang sudah ada. Lanjutkan dengan ilustrasi yang baik semaksimal mungkin.

iii.            Analisa
Perkembangan internet di dunia sudah sangat berkembang, maka dari itu penggunaan internet biasanya suka disalhgunakan. Salah satunya dengan adanya psikotes online. Psikotes sendiri merupakan tes untuk mengetahui kemampuan berfikir dan mengetahui kepribadian seseorang, yang dimana biasa dilakukan face to face atau secara langsung antara orang yang penguji dan peserta tes. Sedangkan psikotes online dilakukannya tidak secara langsung, yang dimana tes psikologi bisa diakses dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Dengan melalui internet, kita dapat dengan dengan mudah mengakses program-program tes psikologi yang sudah dalam internet. Salah satu dari tes psikologi online adalah Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). MBTI merupakan instrumen yang mengukur beberapa aspek kecerdasan individu, kepribadian, bakat, dll. Tes ini bersifat gratis atau tanpa dipungut biaya. Tes ini diisi sesuai dengan diri anda, bukan berdasarkan kondisi emosi sesaat.
Dari penjelasan diatas, bisa dilihat bahwa psikotes online mempunya kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari tes psikologi secara online:

Kelebihan :
-          Dapat dilakukan dimana saja, dan kapan saja saat kita siap melakukan tes psikologi
-          Hasil tes psikologi dapat langsung diketahui tanpa harus menunggu lama
-          Dapat mengetahui jawaban yang benar dan tepat dari soal psikotes tersebut
-          Dapat mencoba tes psikologi berkali-kali

Kekurangan :
-          Hasil tes psikologi tidak akurat
-          Hasil tes psikologi bukan hasil tes sebenarnya karena telah dicoba berkali - kali
-          Tidak dapat melakukan wawancara
-          Kerahasiaan alat tes semakin terancam

iv.        Referensi

No comments:

Post a Comment