Thursday, October 11, 2012

IBD sebagai salah satu MKDU


     Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan .
Istilah Ilmu BudayaDasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanities yang berasal dari istilah bahasa Inggris “The Humanities’ . Adapun istilah Humanities itu berasal dari bahasa latin ‘humanus’ yang diartikan manusia , berbudaya dan halus . Dengan mempelajari humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi , lebih berbudaya dan lebih halus . Bisa dikatakan the humanities berkaitan dengan nilai-nilai yaitu nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya . Agar manusia bisa menjadi humanus , mereka seharusnya mempelajari ilmu ‘the humanities’ , supaya manusia tidak meninggalkan tanggungjawab yang lain sebagai manusia itu sendiri . 

Tujuan dari mempelajari Ilmu Budaya Dasar 
·         Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga lebih mereka mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang benar,terutama untuk kepentingan profesi mereka.
·         Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperlas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
·         Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing , tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat . Usaha ini terjadi karena ruang lingkup pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia spesialis yang berpandangan kurang luas , kedaerahan dan pengkotakan disiplin ilmu yang ketat.
·         Mengusahakan wahana komunikasi para akademis agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain . Dengan memiliki bekal yang sama , para akademis diharapkan akan lebih lancer dalam berkomunikasi.

Sumber dari segala ilmu pengetahuan adalah Philoshopia (filsafat). Dari filsafat lahir 3 cabang ilmu pengetahuan, yaitu :
1.       Ilmu Alamiah
Ilmu alamiah ilmu yang mempelajari tentang alam, yang berhubungan lingkungan alam seperti fisika, kimia, biologi,astronomi, botani dll.
2.       Ilmu Sosial
Ilmu social ilmu yang mempelajari sosial manusia di lingkungan sekitar seperti sosiologi, ekonomi, politik, antropologi sejarah, psikologi, geogrofi dll.
3.       Pengetahuan budaya (the humanities)
Pengetahuan budaya adalah ilmu yang mempelajari adat istiadat atau kebiasaan hidup manusia di suatu wilayah seperti bahasa, agama, kesusastraan, kesenian dll. 

IBD dan IPS

Persamaan :
Sama-sama ilmu yang mempelajari masalah-masalah manusia baik dalam budaya maupun lingkungan social
Perbedaan :
Ilmu budaya dasar mempelajari tentang masalah manusia yang berkaitan dengan budaya dan dasar-dasarnya , sedangkan ilmu pengetahuan social mempelajari tentang masalah manusia dengan lingkungannya .

Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

Dua masalah pokok yang bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah ilmu budaya dasar , antara lain :
1.     Aspek kehidupan yang merupakan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya , baik dari segi keahlian dalam pengetahuan budaya , maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam budaya.
2.    Hakekat manusia yang satu (universal), namun banyak perbedaan- perbedaan antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Keanekaragaman tersebut terbentuk akibat adanya perbedaan ruang, tempat, waktu, proses adaptasi, keadaan sosial budaya, lingkungan alam, dimana terwujud dalam berbagai bentuk ekspresi seperti: ungkapan, pikiran, dan perasaan, tingkah laku, dan hasil kelakuan mereka.
Dari kedua masalah pokok yang dikaji dalam Ilmu Budaya Dasar diatas , terlihat jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian . manusia tidak lagi sebagai subjek , tapi sebagai objek pengkajian . Bagaimana hubungan manusia dengan alam , dengan sesame manusia , dirinya sendiri , nilai-nilai manusia dan bagaimana hubungan manusia dengan Tuhan.

Pokok bahasan yang akan dikembangkan :
·         Manusia dan cinta kasih
·         Manusia dan keindahan
·         Manusia dan penderitaan
·         Manusia dan keadilan
·         Manusia dan pandangan hidup
·         Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
·         Manusia dan kegelisahan
·         Manusia dan harapan.

sumber :

http://goblog-myhobby.blogspot.com/2012/04/pengertian-dan-tujuan-ibd-ilmu-budaya.html
dimyati.staff.gunadarma.ac.id
http://irwanpantau.wordpress.com/2010/02/15/perbedaan-ilmu-sosial-dasar-dengan-ilmu-budaya-dasar/
http://emmnisa.blogspot.com/2011/12/perbedaan-dan-persamaan-ilmu-budaya.html

No comments:

Post a Comment